Boedak Goenoeng


Boedak Goenoeng

Keterampilan Membaca

Keterampilan membaca merupakan keterampilan berbahasa yang harus dilatihkan kepada siswa. Sebagai keterampilan yang paling sering digunakan dalam pembelajaran bahasa, semestinya keterampilan membaca ini dapat dimiliki oleh setiap siswa dengan  baik. Kemampuan membaca seseorang sangat berkaitan dengan kecepatan efektif membaca yang dimilikinya. Sehubungan dengan itu, Harjasujana (1991: 8) mengemukakan pendapatnya bahwa kemampuan membaca seseorang dapat dilihat dari kecepatan membacanya. Kecepatan membaca mengandung berbagai implikasi seperti tujuan membaca, tingkat keterbacaan, bahan bacaan, teknik-teknik membaca, motivasi, kebiasaan, penalaran, dan sebagainya. Oleh karena itu, latihan kecepatan membaca mencerminkan kemampuan membaca seseorang, yakni perpaduan antara kecepatan membaca dan pemahaman isi secara keseluruhan